:::: MENU ::::

STMIK Triguna Dharma
Sistem Informasi

Minggu, 22 April 2018

  
Visual Basic
↳ Visual basic adalah salah suatu development tools untuk membangun aplikasi dalam lingkungan Windows. Dalam pengembangan aplikasi, Visual Basic menggunakan pendekatan Visual untuk merancang user interface dalam bentuk form, sedangkan untuk kodingnya menggunakan dialok bahasa Basic yang cenderung mudah dipelajari. Visual Basic telah menjadi tools yang terkenal bagi para pemula maupun para developer dalam pengembangan aplikasi skala kecil sampai ke skala besar.


IDE Visual Basic
Langkah awal dari belajar Visual Basic adalah mengenal IDE (Integrated Development Environment) Visual Basic yang merupakan Lingkungan Pengembangan Terpadu bagi programmer dalam mengembangkan aplikasinya. Dengan menggunakan IDE programmer dapat membuat user interface, melakukan koding, melakukan testing dan debuging serta menkompilasi program menjadi executable. Penguasaan yang baik akan IDE akan sangat membantu programmer dalam mengefektifkan tugas-tugasnya sehingga dapat bekerja dengan efisien.

Perkembangan Visual Basic
Visual Basic berawal dari bahasa BASIC yang dikembangkanmulai dari tahun 1963. BASIC adalah singkatan dari Beginner’sAll Purpose Symbolic Instruction Code. Sesuai namanya, bahasa BASIC dibuat untuk tujuan memudahkan pengguna agar dapat dengan mudah mempelajari, membuat, dan mengembangkan program komputer. Visual Basic merupakan pengembangan lebih lanjut dari bahasa BASIC yang dilakukan oleh Microsoft. Visual Basic ditujukan sebagai perangkat untuk membuat dan mengembangkan program secara cepat (Rapid ApplicationDevelopment: RAD). Terutama jika menggunakan antarmuka berbasis windows (Graphical User Interface: GUI). Visual Basic 1.0 merupakan versi pertama Visual Basic dan dirilis pada tahun 1991. Visual Basic 1.0 ditujukan untuk sistem operasi Microsoft DOS. Selanjutnya diteruskan denganVisual Basic 2.0 di tahun 1992, versi 3.0 tahun 1993, versi 4.0 tahun 1995, versi 5.0 tahun 1997, dan versi 6.0 tahun 1998. Visual Basic 6.0 sangat populer dan masih banyak dipakai hingga saat ini. Sayangnya, dukungan terhadap Visual Basic 6 telah dihentikan oleh Microsoft mulai bulan Maret 2008. Namun, program yang dibuat dengan Visual Basic 6 masih dapat dijalankan pada sistem operasi terbaru seperti Windows Server 2008 maupun Windows Vista.

Ada beberapa terminologi yang sebaiknya diketahui dengan jelas:
Visual Basic merupakan bahasa dan aturan pemrograman yang harus ditaati dalam menuliskan perintah-perintah agar program dapat dikompilasi.

Visual Studio 2008 merupakan aplikasi IDE(Integrated Development Environment) yang digunakan untuk mengembangkan software. Di dalam aplikasi IDE inilah tersedia berbagai fitur yang memudahkan pemrograman, seperti kompilasi, debugging, pengaturanprojek, mengedit antarmuka secara visual, dll. Selain dengan Visual Studio 2008, Anda juga dapat menggunakan aplikasi IDE yang gratis tanpa biaya, yaitu dengan Visual Basic 2008 Express Edition. Aplikasi inidapat diunduh (download) di internet melalui situs http://www.microsoft.com/exPress/download/. Bahasa untuk Visual Basic terus berkembang bersamaan yang dirilisnya aplikasi IDE terbaru. Aplikasi IDE untukVisual Basic terus dikembangkan mulai dari versi 2002,2003, 2005, dan 2008. Versi yang lebih baru dari VisualBasic hadir dengan perbaikan, serta aplikasi IDE yang lebih mudah dan lengkap.

• .NET Framework merupakan library dan virtual machine yang terus berkembang mengikuti teknologi terbaru. Versi .NET Framework dimulai dari versi 1.0, 1.1,2.0, 3.0, dan 3.5. Versi .NET yang terbaru biasanya dirilis dengan perbaikan serta dukungan terhadap teknologi barus ehingga semakin memudahkan pengembangan software.

Membuat Program dengan Visual Basic .NET
Pemrograman dengan Visual Basic dibuat dengan beberapatahap berikut:

1. Menuliskan kode program dengan bantuan aplikasi IDE.Artinya, Anda menuliskan program menggunakan aplikasiMicrosoft Visual Studio 2008 atau Visual Basic 2008 Express Edition.

2. Mengompilasi kode program tersebut menjadi programyang dapat dijalankan/dieksekusi. Hasil kompilasi adalahinstruksi CIL (Common Intermediate Language) atau MSIL(Microsoft Intermediate Language) yang hanya dimengertioleh kompiler JIT (Just In Time) dan tidak dapat dieksekusi langsung pada komputer.


3. Penyebaran (distribusi) program di komputer dengan .NET Framework.
 

Tahapan dari penulisan kode program, kompilasi,
lalu eksekusi hasil kompilasi dengan JIT


MSIL atau sekarang disebut dengan CIL merupakan bahasayang bersifat netral (tidak tergantung sistem operasi dan hardware komputer).Kompilasi JIT dilakukan oleh Common Language Runtime
(CLR) untuk mengubah bahasa CIL yang bersifat netral (platformindependent), menjadi kode yang dapat dibaca oleh perangkat keras (hardware) dan sistem operasi yang digunakan (platform sekarang).

 .NET Framework
.NET Framework merupakan software kerangka kerja yang menghubungkan antara aplikasi .NET dengan sistem operasiyang secara garis besar terdiri dari:
•Library, berisi kode-kode siap pakai dan banyakdibutuhkan oleh programmer.

•Virtual machine, berupa aplikasi yang digunakan untukmenjalankan program hasil kompilasi.



Interface Visual Studio 2008
 Jalankan aplikasi Visual Studio 2008 atau Visual Basic 2008 Express Edition.

Perhatikan antar muka yang ada. Tampilan pada Visual Studio 2008 dan
Visual Basic 2008 Express Edition sangat mirip 

Interface pada Aplikasi Visual Basic 2008 Express Edition

0 komentar:

Posting Komentar

You can change your lifeBetter